1000 Anak Yatim Mendapat Santunan Pada Acara Maulid Akbar dan Hari Jadi Pidie Ke-513 - WARTA GLOBAL ACEH

Mobile Menu

P E N D I D I K A N

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Pendaftaran

Klik

More News

logoblog

1000 Anak Yatim Mendapat Santunan Pada Acara Maulid Akbar dan Hari Jadi Pidie Ke-513

Wednesday, September 18, 2024

Pidie - aceh.wartaglobal.id - Pejabat Bupati Pidie diwakili oleh Asisten II, Ir. H. Tarmizi bersama Kapolres Pidie, AKBP Jaka Mulyana, S.I.K., M.I.K., Kajari Pidie, Suhendra, SH., serta unsur Forkopimda lainnya, pejabat Pemkab, Vertikal, dan para Camat hadiri Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Menyambut Hari Jadi Pidie Ke-513 yang dilaksanakan di halaman Masjid Agung Al-Falah Sigli, Rabu (18/09/2024).

Dalam kegiatan ini turut menyantuni 1000 anak yatim, yang setiap anak mendapatkan Rp 1 Juta rupiah, bersumber dari Baitul Mal Pidie. Dan sebagai penceramah pada perayaan Maulid Nabi ini adalah Ust. Ir. Faizal Adriansyah, M.Si.



Dalam sambutan yang mewakili Pj Bupati, H. Tarmizi menyampaikan bahwa, peringatan Maulid Nabi dan Hari Jadi Pidie bukanlah kebetulan, akan tetapi sengaja disandingkan, karena tanggal 18 September juga merupakan hari bersejarah bagi Kabupaten Pidie, dimana pada tanggal tersebutlah lahirnya Pidie 513 tahun yang silam, yaitu pada 18 September 1511 Masehi.

“Penetapan Hari Jadi Pidie itu sendiri berdasarkan berbagai kajian ilmiah, dengan banyak literasi, manuskrip manuskrip, dan juga arkeologi peninggalan sejarah kerajaan Pedir Islami masa Sultan Ma’ruf Syah (Sultan Pedir), yang makamnya berada di Gampong Dayah Tanoh Keulibeut, sehingga data data ini dapat dipertanggungjawabkan secara akademis”, sebut Ass II.

Maka dengan dua peristiwa besar ini akan menjadikan tonggak sejarah baru bagi Kabupaten Pidie untuk lebih dewasa dalam menyikapi dan menjalani berbagai agenda besar, terutama Pilkada, sehingga pesta demokrasi ini nantinya bisa berjalan dengan aman, damai dan nyaman.

“Pada perayaan Maulidur Rasul yang berbarengan dengan menyambut Hari Jadi Pidie ini, mari kita implementasikan sikap keteladanan Rasulullah SAW dalam kehidupan beragama maupun bermasyarakat, sesuai dengan Reusam dan Adat kita Pidie”, Ajak Ass II, H. Tarmizi.

Sementara itu, Ketua Panpel yang juga Kadis Syariat Islam Pidie, Drh. H Fazli, M.Si., menyampaikan bahwa hari ini merupakan Istimewa, yang mana hari ini selain merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, sekaligus menyambut Kemilau Hari Jadi Pidie.

Yang mana nantinya perayaan Hari Jadi Pidie tersebut akan diadakan di PCC Sigli pada 21 sampai 23 September 2024, dengan diiringi berbagai agenda acara, yaitu Pawai Budaya, Tampilan Seni, Bazar UMKM, Kuliner Khas, Olahraga Tradisional, juga Tampilan dari Pramuka, umbuh H. Fazli.

Dalam perayaan Maulid Nabi dan menyambut Hari Jadi Pidie ini, juga turut menyantuni 1000 anak yatim/piatu, yang setiap anak mendapatkan Rp 1 Juta rupiah, bersumber dari Baitul Mal Pidie. Dan sebagai penceramah pada perayaan Maulid Nabi ini adalah Ust. Ir. Faizal Adriansyah, M. Si., Ketua Panpel. H. Fazli yang didampingi oleh Sekretaris Baitul Mal Pidie, Husaini, S.E.

“Terima Kasih yang tak terhingga atas nama Panpel kepada unsur Forkopimda, Kepala SKPK, Pimpinan Instansi Vertikal, para Camat, maupun semua pihak yang telah mensukseskan agenda ini, baik secara materil maupun moril. Dan mohon ma'af bila terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya. Semoga Allah Membalas kebaikan kita semua kelak”, ucap Ketua Panpel, H. Fazli.

KALI DIBACA

No comments:

Post a Comment